Harga Tiket, Rute, dan Fasilitas di Obyek Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo - Jogjaloka

Monday, September 16, 2019

Harga Tiket, Rute, dan Fasilitas di Obyek Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo

Obyek Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo
Gambar: Google Map

Gurun pasir bukan hanya bisa ditemukan di kawasan timur tengah saja. Di Jogja, juga terdapat sebuah gurun pasir yang biasa disebut Gumuk Pasir Parangkusumo. Fenomena alam ini berada di dekat pantai Depok dan pantai Parangtritis. Jadi untuk bisa melihat gurun pasir layaknya gurun Sahara, wisatawan tak perlu jauh-jau ke luar negeri.

Menurut cerita yang beredar, Gumuk Pasir ini berasal dari aktivitas Gunung Merapi, Pantai Parangtriris dan juga Kali Opak. Fenomena ini memang bisa saja terjadi di Indonesia, mengingat banyak gunung aktif yang sering mengeluarkan material vulkaniknya. Pasir yang ada di tempat ini juga berasal dari Gunung Merapi. Cuaca di sana cukup panas, apalagi ketika musim kemarau. Jadi disarankan untuk menggunakan pakaian panjang, atau jika perlu membawa payung sekalian.

Menikmati Wisata Ala Timur Tengah Di Gumuk Pasir Parangkusumo

Gambar: Google Map

Gumuk Pasir Parangkusumo bisa dibilang tempat wisata yang unik. Gundukan pasir yang besar dan luas ini biasanya hanya ada di kawasan timur tengah ataupun di Afrika. Tempat wisata ini kabarnya sudah diakui sebagai world heritage oleh PBB. Maka tidak heran banyak wisatawan dari mancanegara penasaran dengan wisata ini.

Buat kalian yang sedang berada di Jogja atau punya rencana liburan ke sana, sempatkan waktu untuk berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Kalian bisa mengajak keluarga, sahabat, pasangan ataupun teman ke sana. Berbagai fasilitas yang disediakan juga akan membuat kalian akan merasa nyaman saat menikmati pesona alam di sana.

Gambar: Google Map

Tempat wisata ini juga sering digunakan untuk sesi foto pre-wedding. Pemandangannya yang unik menjadikan tempat ini begitu digemari. Banyak fotografer dan pecinta selfie datang ke Gumuk Pasir Parangkusumo untuk mengambil beberapa foto di sana. Foto yang dihasilkan seolah-olah sedang berada di gurun pasir yang ada di luar negeri. Mungkin akan banyak orang mengira bahwa foto tersebut diambil di luar negeri.

Harga Tiket, Waktu Operasional Dan Biaya Parkir Di Gumuk Pasir Parangkusumo

Untuk menikmati panorama di Gumuk Pasir Parangkusumo, pengelola tidak membebankan biaya tiket kepada wisatawan. Akan tetapi wisatawan tetap harus membayar biaya tiket sebesar Rp. 3000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil. Untuk pembayarannya sendiri dilakukan melalui loket, jadi perlu diperhatikan jika ada orang yang dengan meminta biaya tiket selain di loket.


Gambar: Google Map


Gumuk Pasir Parangkusumo mulai menerima wisatawan dari pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB. Tempat wisata ini bisa dikunjungi dari hari Senin hingga Minggu atau setiap hari buka. Kalian bisa datang pada pagi hari atau sore untuk menghindari cuaca panas di sana.

Gambar: Google Map

Fasilitas Di Gumuk Pasir Parangkusumo

Di Gumuk Pasir Parangkusumo, tersedia berbagai spot foto menarik. Ini menjadi kesempatan para pecinta foto untuk menambah koleksi fotonnya di media sosial. Selain itu juga disediakan ayunan di sekitar lokasi, ini juga bisa dijadikan spot foto untuk kalian. Wisatawan juga bisa berfoto disebuah taman yang berbentuk love. Ini menjadi hal yang romantis jika berfoto bersama pasangan. Selain itu, jika datang di waktu yang tepat, wisatawan juga bisa melihat indahnya sunset. Fenomena ini akan terlihat jelas saat cuaca cerah. Karena keindahan dan keunikannya, Gumuk Pasir Parangkusumo juga sering dijadikan lokasi pembuatan video klip.


Gambar: Google Map

Di sana juga terdapat fasilitas sandboarding yang cukup seru untu dicoba. Namun wisatawan harus menyewa dengan tarif sekitar Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000 per papannya. Fasilitas ini cocok banget buat kalian yang memiliki adrenalin lebih. Jangan lupa untuk memotret ketika bermain sandboarding, hasil fotonya akan sangat bagus.

Gambar: Google Map

Fasilitas lain yang tentunya diperlukan oleh wisatawan ialah tempat makan. Jangan khawatir, di sana ada beberapa tempat yang menjual makanan dan minuman. Kalian akan merasakan kenikmatan lebih saat menyantap makanan dengan melihat pemandangan indah yang disajikan.

Lokasi Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat wisata ini berada di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kalian sedang berada di Pantai Parangtritis atau Pantai Depok, Gumuk Pasir Parangkusumo mudah untuk ditemukan.

Berikut koordinat google map-nya!



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda