Harga Tiket, Rute dan Fasilitas di Lokasi Wisata Bukit Panguk Kediwung, Bantul Yogyakarta - Jogjaloka

Thursday, August 15, 2019

Harga Tiket, Rute dan Fasilitas di Lokasi Wisata Bukit Panguk Kediwung, Bantul Yogyakarta

Wisata Bukit Panguk Kediwung (Sumber Google Map)

Di Jogja, terdapat kecamatan bernama Dlingo yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Salah satunya yang sedang banyak dibicarakan para traveler adalah Bukit Panguk Kediwungan. Tempat ini disukai wisatawan karena memiliki panorama yang menawan. Hijaunya perbukitan yang diselimuti kabut dapat terlihat dengan jelas. Meski kepopulerannya masih kalah dari Kebun Buah Mangunan, tempat wisata ini tak pernah sepi pengunjung.

Tempat wisata ini letanya berada di di dusun Kediwung, Kelurahan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dibuka pada Mei 2016, Bukit Panguk Kediwungan menjadi salah satu pilihan tempat liburan bagi masyarakat Jogja dan sekitarnya. Cocok banget buat menikmati waktu liburan bersama teman atau keluarga di wisata ini.

Bukit Panguk Kediwung (Sumber Google Map)
Bukit Panguk Kediwung Jogja Yang Menawarkan Panorama Indah

Salah satu harapan wisatawan yang berlibur ke Bukit Panguk Kediwung adalah bisa melihat sunrise. Momen ini memang sulit untuk didapatkan, mengingat fenomena ini hanya terlihat saat pagi-pagi buta. Belum lagi kabut tebalnya yang terdakang membuat panorama sunrise menjadi tidak jelas. Ada tips khusus untuk kalian yang ingin melihat sunrise saat berlibur ke Bukit Panguk Kediwung.

Bukit panguk Kediwung (Google Map)
Pastikan sudah berada di lokasi pada pukul 05.00 WIB, sunrise akan terlihat jelas ketika cuaca terang. Jadi lebih baik untuk datang pada musim kemarau, karena pemandangan sunrise tak akan terganggu dengan adanya kabut.

Begitu sampai di atas bukit, wisatawan akan menyaksikan indahnya pemandangan di sana. Perbukitan hijau yang diselimuti kabut-kabut membuat pandangan mata menjadi lebih segar. Suasana tenang dan sejuk akan dirasakan ketika berada di ketinggian. Sangat nikmat untuk menikmati minuman dan gorengan hangat sembari melihat anugrah Tuhan yang luar biasa itu.

Untuk menuju ke Bukit Panguk Kediwung, wisatawan harus melewati berbagai tanjakan yang melelahkan. Jadi persiapkan kondisi badan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk pergi ke sana. Saat menuju ke sana, perbanyak minum air mineral agar tenaga bisa stabil. Puas, menjadi kata yang tepat ketika sampai di Bukit Panguk Kediwung yang memiliki pesona yang indah itu.

Bukit Panguk Kediwung (Google Map)

Harga Tiket, Waktu Operasional Dan Biaya Parkir Bukit Panguk Kediwung Jogja

Mengenai harga tiket masuk ke Bukit Panguk Kediwung tergolong cukup murah, cuma Rp. 7000. Dengan biaya murah itu sudah bisa menikmati keindahan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini. Wisatawan bisa berfoto di berbagai spot foto yang telah disediakan. Namun jika ingin mencoba seluruh spot foto yang ada, wisatawan perlu mengeluarkan uang lebih. Jadi pilihlah spot foto yang dianggap paling menarik agar tetap bisa menghemat uang.

Setiap harinya, Bukit Panguk Kediwung dibuka mulai dari pukul 05.00 WIB hingga 18.00 WIB. Wisatawan yang ingin melihat sunrise bisa datang pada pagi-pagi buta. Untuk menghindari dingin, bawalah pakaian panjang serta penutup kepala. Saat sudah sampai di atas bukit, segera memesan minuman panas karena sangat nikmat diminum ketika cuaca dingin seperti itu. Seperti tempat wisata pada umumnya, pengelola Bukit Panguk Kediwung memasang tarif parkir sebesar Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Fasilitas Di Bukit Panguk Kediwung Jogja

Wisatawan akan dimudahkan dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Seperti halnya area parkir yang memiliki lahan yang luas untuk menampung kendaraan wisatawan. Selain itu ada juga toilet yang bisa digunakan kapanpun oleh wisatawan. Jika hendak beribadah, di sana juga ada mushola yang lokasinya mudah ditemukan.

Salah satu fasilitas yang paling di cari wisatawan adalah warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Wisatawan terkadang sungkan untuk membawa bekal dari rumah, dan lebih suka membeli di warung dekat lokasi wisata. Makanan yang dijual di sekitar tempat wisata lebih nikmat untuk dimakan apalagi saat makan bersama orang lain.

Berbagai spot foto juga telah disediakan untuk para pecinta foto. Hasil foto dijamin akan keren dengan latar belakang alam di sekitar sana. Fasilitas yang tersedia semuanya aman untuk digunakan wisatawan. Tapi tetap harus berhati-hati saat berlibur ke Bukit Panguk Kediwung Jogja, tetap utamakan keselamatan saat menikmati pesona alam di sana.

Rute Menuju Lokasi


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda